Powered By Blogger

Selasa, 26 Mei 2015

Tutorial cara mengganti Busi motor

Hay Guys..
Kali ini admin ingin men-share cara atau tutorial mengganti Busi motor khusus nya pada motor New Vixion Lightning..


Silahkan di cermati yaa masbro..

1. Pertama..yang perlu anda lakukan yaitu siapkan peralatan kunci-kunci dari mulai Obeng, kunci pas, dan kunci busi.

2. Langkah selanjutnya, buka terlebih dahulu body Fairing motor anda (jika motor anda memakai fairing).

3. Selanjutnya, silahkan cari letak tempat busi motor anda berada, jika motor anda Vixion maka letak busi berada di samping kanan blok mesin.

Letak Busi pada motor Vixion

4. Setelah anda menemukan Letak busi nya,  nah.. Kita mulai proses melepas busi tersebut, yang perlu anda lakukan adalah, Lepas dulu penutup busi yang menutup badan busi tersebut.

Buka penutup busi hingga terlepas

5. Setelah kita buka penutup busi nya.. langkah selanjut nya kita tinggal lepas busi yang ada di blok mesin tersebut menggunakan Kunci Busi, lalu posisi kan kunci busi pada busi tsb secara pas, lalu putar kunci busi ke kiri menggunakan bantuan obeng panjang hingga busi terlepas dari rumah nya.

Lepaskan busi dari rumah nya

6. Jika sudah terlepas, perhatikan kepala busi tersebut, apakah masih bagus atau sudah gosong, jika kepala busi sudah gosong, maka wajib untuk segera ganti busi yg baru.

Kepala busi terlihat sudah gosong


7.  Siapkan busi yang baru, alangkah baik nya gunakan busi standar pabrikan agar performa mesin tetap optimal, jangan gunakan busi iridium jika mesin anda masih standar, karena busi iridium kebanyakan hanya digunakan untuk motor racing yang mesin motor nya sudah di oprek.. tapi kalau mau pake busi iridium ya silahkan.. tapi nanti lihat sendiri keluhan nya..hehe


8. Langkah selanjutnya tinggal pasang deh busi yang baru kita beli.. gampang kok.. langkah langkah nya seperti cara melepas busi.

9. Cara nya, masukin Busi yang baru ke dalam rumah busi nya, atur posisi busi nya sampai kepala busi tepat pada posisi drat nya.

10. Sudah deh.. tinggal anda putar aja busi nya ke kanan, sampai busi terpasang sempurna di rumah busi tersebut.

11. Kalau sudah, jangan lupa tutup kembali busi tersebut menggunakan penutup busi nya yang kita lepas tadi.

Busi terpasang sempurna

12. Setelah semua beres, JANGAN LUPA untuk engkol motor anda sebanyak 10 kali, guna nya untuk memancing percikan api pada busi yang masih baru tersebut, tapi ingat,  saat engkol kondisi motor dalam keadaan OFF.

13. Jika sudah di engkol, tinggal di stater deh hingga motor menyala..dan siap untuk di gunakan dalam perjalanan.. 😀

---------------------------------------------------------------------

Gimana...
mudah kan mengganti busi pada motor ??????
Tidak ada kata susah bro di dunia ini jika kita ingin belajar dan mencoba..
itung-itung kita bisa mengirit biaya bengkel masbro.. karena kita sudah bisa pasang busi sendiri tanpa harus ke bengkel ..hehe

*Nb : tutorial di atas, saya menggunakan contoh pada motor New Vixion Lightning, jadi untuk motor jenis lainnya.. tinggal di sesuaikan aja ya bro..
thanks..

Semoga bermanfaat ^_^

3 komentar: